Senin, Juni 21, 2021
Beranda Covid-19 Untuk menjamin vaksin covid_19 halal,MUI mengirim utusannya ke China

Untuk menjamin vaksin covid_19 halal,MUI mengirim utusannya ke China

NGOPINEWS _ Dilansir dari laman Kompas .com  Majelis Ulama Indonesia ( MUI) telah mengirimkan dua orang utusannya dari Komisi Fatwa ke China untuk mengunjungi pabrik produksi  vaksin Covid -19 Sinovac dan melakukan pengecekan langsung.

Mengutip pemberitaan Kompas TV, Jumat (16/10/2020), pengecekan ini dilakukan untuk memastikan bahwa vaksin yang nantinya disuntikkan pada jutaan masyarakat Indonesia dijamin kehalalannya.

Langkah ini dilakukan karena pemerintah telah melakukan pemesanan 3 jenis vaksin Covid-19 dari 3 perusahaan berbeda asal China, yakni CanSino, G42/Sinopharm, dan Sinovac.

Ketiga perusahaan tersebut menyanggupi untuk menyediakan sejumlah dosis yang vaksin yang mereka kembangkan pada November 2020.

Untuk diaplikasikan di Indonesia, vaksin-vaksin ini harus diuji kehalalannya oleh MUI karena mayoritas penduduk Indonesia merupakan pemeluk agama Islam.

Setibanya di China, utusan MUI belum bisa langsung melaksanakan tugasnya mengecek proses pembuatan vaksin secara langsung karena harus menjalani isolasi mandiri selama 2 pekan

Direktur Audit Halal Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI, Muti Arintawati mengatakan, MUI telah menerima registrasi proses sertifikasi halal untuk vaksin Covid-19.

“Benar kami sudah menerima registrasi proses sertifikasi halal vaksin Covid-19,” kata Muti saat dihubungi Kompas.com, Minggu (18/10/2020).

Ia menyebutkan, keputusan pemberian sertifikasi halal akan dilakukan oleh Komisi Fatwa setelah hasil pemeriksaan produk selesai dilakukan oleh MUI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

HUT Bhayangkara ke-75 Polres Luwu Bansos Sembako

Ngopinews.id,- luwu-  Menjelang HUT Bhayangkara ke-75, Polres luwu Polda Sulsel, kembali menggelar kegiatan Bakti Sosial, dengan membagikan sembako bagi masyarakat  di sekitar kota Belopa...

Mobil Ambulance Tabrak Sepeda Motor, Pengendara Tewas

Ngopinews.id,- Luwu - Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan poros Palopo- Makassar tepatnya di kelurahan Larompong kecamatan Larompong, kabupaten Luwu pada Senin  (21/6/202) sekitar...

Berikan rasa aman,Kapolsek terjunkan personil ke lokasi Vaksinasi

Luwu - N9opinews.Id -Program vaksinasi saat ini masih terus berjalan demi mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity untuk melawan pandemi covid-19,Namun saat ini laju vaksinasi covid-19 di Indonesia...

Personil Polsek Bupon bergotong royong dengan warga

Luwu - N9opinews.Id - Bersama Warga melaksanakan kegiatan gotong-royong membersihkan fasilitas umum berupa jalan umum yang berada disamping kanan Polsek Bupon yang tergenang air...

Recent Comments