Sabtu, September 18, 2021
BerandaRagamMassifkan Pencegahan, Panwascam Bulukumpa Berkolaborasi Dengan Youtuber Sampaikan Pesan Lewat Video Parodi

Massifkan Pencegahan, Panwascam Bulukumpa Berkolaborasi Dengan Youtuber Sampaikan Pesan Lewat Video Parodi

n9opi di BULUKUMBA – Ditengah tahapan Pilkada yang berjalan, Bawaslu Bulukumba dan jajaran terus melakukan upaya pencegahan pelanggaran. Seperti yang dilakukan Panwascam Bulukumpa menggandeng kaum millenial untuk terlibat dalam pengawasan partisipatif.

Langkah pengawasan partispatif yang dilakukan Panwascam Bulukumpa adalah dengan mengajak sekelompok pemuda pegiat media sosial Youtube untuk membuat sebuah konten video edukatif. Konten Tersebut didalamnya menyampaikan pesan Netralitas Aparatur Sipil Negara dan Kepala Desa pada perhelatan Pemilihan Bupati dan Wakil  Bupati Bulukumba.

Ketua Panwascam Bulukumpa Jhaya Paruru saat ditemui diselah-selah perekaman video yang berlokasi di Kelurahan Jawi-Jawi, mengatakan bahwa salah satu program yang terus digalakkan Bawaslu adalah program pengawasan partisipatif. Pengawasan partisipatif adalah upaya meningkatkan angka partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik.

“Dengan mengajak anak-anak muda kreatif ini untuk membuat konten edukasi yang nantinya akan di publikasikan melalui Youtube, tentu kami berharap pesan-pesan tentang pentingnya Netralitas Aparatur Sipil Negara, Kepala Desa dan Perangkat Desa bisa tersampaikan ke masyarakat”, Jelasnya, Jumat (17/7/2020).

Senada dengan Jhaya Paruru, Kordiv SDM Organisasi, Data dan Informasi Panwascam Bulukumpa Jawil, S. Pd. I menyampaikan bahwa melibatkan masyarakat tentu merupakan langkah yang penting dalam mengawasi Pilkada tahun 2020.

“Melibatkan anak muda tentu sangat penting, salah satu diantarnya adalah mengajak mereka untuk proaktif dalam mengawal proses demokrasi bangsa, agar kiranya peradaban kita khususnya dalam dinamika demokrasi makin membaik dengan dukungan jaman millenial menuju jaman digital. Pemuda merupakan garda terdepan agen perubahan (agen of changes) yang diharapkan membuat perubahan yg lebih progresif”, ungkap Jawil

Andi Nuralim Umar, Kordiv Hukum Penindakan Pelanggaran Panwascam Bulukumpa memberikan penegasan bahwa sebagai pelayan public, ASN dituntut untuk selalu Netral dari segala bentuk keberpihakan dari kontestasi politik, olehnya itu Panwascam selaku perpanjangan tangan Bawaslu di tingkat kecamatan tak bosan-bosannya melakukan langkah pencegahan.

“Banyak upaya yang sudah kami lakukan untuk melakukan pencegahan pelanggaran. Terkait Netralitas ASN ini, kami sudah menyampaikan surat himbauan ke seluruh instansi yang ada di Kecamatan Bulukumpa. Untuk lebih massifnya langkah pencegahan ini, kami berkolaborasi dengan pegiat Youtube untuk mengemas langkah pencegahan dalam bentuk Video Edukasi”, tegas Nuralim

Semetara Sumardi Yusuf Selaku Koordinator Tim Sumardi Yusuf Channel, mengatakan bahwa timnya merasa terpanggil untuk berkontribusi dalam mengawal jalannya Pilkada di Kabupaten Bulukumba. Dirinya berharap semoga pesan-pesan terkait segala hal yang dilarang dalam berdemokrasi yang ia kemas dalam video parody bisa sampai ke masyarakat.

“Video yang kami buat ini hanya sebuah parody tanpa ada maksud untuk menyinggung dan merugikan siapapun atau pihak manapun. Tujuan kami tidak lebih hanya untuk menyampaikan edukasi dan hiburan kepada masyarakat yang menontonnya,” Pungkas Sumardi

Sekerdar diketahui Video Edukasi tersebut saat ini sudah tayang di Youtube.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments