Sabtu, September 18, 2021
BerandaRagamIngatkan ASN, TNI/POLRI Tetap Netral Pada Pilkada 2020, Panwascam Bulukumpa Keluarkan Himbauan

Ingatkan ASN, TNI/POLRI Tetap Netral Pada Pilkada 2020, Panwascam Bulukumpa Keluarkan Himbauan

n9opi di BULUKUMBA – Pilkada serentak akan diselenggarakan kembali 9 Desember 2020. Salah satunya di Kabupaten Bulukumba. Di masa-masa menjelang pesta demokrasi ini, netralitas perlu dipegang teguh oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri..

Sebagai upaya pencegahan, sesuai arahan Bawaslu Kabupaten Bulukumba Panwascam Bulukumpa melayangkan Surat Himbauan Netralitas ASN, TNI/Polri kepada seluruh instansi yang ada di wilayah Kecamatan Bulukumpa sejak tanggal 22 Juni 2020 lalu.

Ketua Panwascam Bulukumpa yang juga Kordiv Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) mengatakan hal yang paling rawan terjadi pelanggaran adalah keikutsertaan pihak-pihak yang dilarang terlibat dalam kegiatan politik. Untuk itu sebelum lebih jauh, langkah pencegahan harus dimassifkan.

“Sehubungan dengan pelaksanaan lanjutan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020, maka kami kembali menghimbau seluruh ASN, TNI/Polri dalam lingkup Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba agar tetap menjaga netralitasnya,” ujar Jhaya Paruru di Jl. Kemakmuran No. G.21 Kelurahan Tanete, Sabtu (4/7/2020).

Lebih jauh dirinya menjelaskan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota pada Pasal 71 ayat 1 bahwa Pejabat Negara, Pejabat Daerah, Pejabat Aparatur Sipil Negara, Anggota TNI/POLRI, DAN Kepala Desa atau sebutan lain/Lurah dilarang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

Pada PP Nomor 42 Tahun 2004 Tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil pasal 11 yang berbunyi; Etika terhadap diri sendiri meliput: pada huruf (c) Menghindari Konflik Kepentingan Pribadi, Kelompok, maupun Golongan.

“Himbauan yang kami keluarkan dengan berbagai rujukan regulasi yang telah diuraikan didalamnya tentu kami  berharap sikap netral ASN, TNI/POLRI senantiasa terjaga. karena kesuksesan pengawasan bukan dinilai dari seberapa banyak pelanggaran yang di proses tetapi sejauh mana upaya pencegahan yang dilakukan. Untuk itu ASN jangan galau dan tetap harus netral, jadilah ASN sebagai pelopor gerakan netralitas,” tutup Jhaya.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments